Kegiatan Ramadhan; Buka Puasa Bersama dan Pembagian Zakat


Kegiatan Ramadhan; Buka Puasa Bersama dan Pembagian Zakat

 

Blangkejeren l 08.06.17

Kegiatan Ramadhan yang diadakan oleh Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren pada tahun 1438 H ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, Kegiatan Buka Puasa Bersama dan Pembagian Zakat akan menjadi fokus kegiatan tersebut. Perencanaan untuk kegiatan tersebut juga telah dimulai sejak beberapa minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan, hanya saja untuk tahun ini tidak dilaksanakan pada hari yang sama.

Buka Puasa Bersama [Rabu, 07 Juni 2017]

Buka Puasa Bersama Ramadhan 1438 H juga diadakan di lokasi yang sama dengan kegiatan tahun lalu, yaitu Aula Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren. Kegiatan ini diselenggarakan guna menjalin silaturrahim diantara keluarga besar Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, baik dari unsur pimpinan, unsur pegawai dan unsur tenaga honorer. Ketua Mahkamah Syar’iyah, Drs., Azmir, SH., MH. menekankan agar seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren menhadiri kegiatan ini dengan membawa keluarganya, agar tujuan silaturrahim benar-benar bisa terwujud dengan baik.

Persiapan untuk Buka Puasa Bersama dilakukan sejak senin lalu (05 Juni 2017), baik dari segi perlengkapan dan peralatan memasak, perlengkapan makan maupun bahannya. Menu utama berupa Kuah Beulangong daging kambing ala Aceh Rayeuk, khusus bagi mereka yang tidak bisa menyantap kuah beulangong akan disediakan ikan bakar. Untuk menu takjil disediakan air timun parut sebagai pasangan dari kue, baik kering dan basah, beserta beberapa biji kurma.

Selain keluarga besar Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Gayo Lues, antara lain Drs. Rasyidin (Kadis Syari’at Islam) mewakili Bupati, M. Faisal Nasution, S.IP (Dandim 0113/Gayo Lues), Kompol Masri mewakili Kapolres, Alamsyahbuddin, SH (Kasi Pidum) mewakili Kepala Kejaksaan dan Unsur Pimpinan Pengadilan Negeri yaitu Muhammad Jamil, S.H. (Ketua), Arizal Anwar, S.H.,M.H. (Wakil Ketua), Faisal, S.H. (Panitera) dan Hanif Wirawan, S.T. (Sekretaris). Sebahagian besar tamu undangan dapat hadir sebelum waktu berbuka.

Kegiatan Buka Puasa Bersama ini dimulai seiring dengan bunyi sirene berbuka, selang beberapa menit kemudian dilanjutkan dengan Shalat Magrib berjamaah, Drs. Ahmad Yani selaku Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren dipercayai sebagai imam shalat tersebut. Usai shalat berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama dan diselingi oleh obrolan ringan.

Kegiatan akhir dari Buka Puasa bersama berupa pelaksanaan Shalat Insya, Tarawih dan Witir bersama Agus Sopyan, SHI dalam tausiahnya menyampaikan bahwa ibadah tarawih ini mirip dengan permainan sepakbola, dalam perjalanannya ada babak penyisihan, babak perempat final, semi final dan babak final. Puasa pada 10 pertama disemaraki oleh nuansa jamaah tarawih yang padat, namun ketika memasuki masa 10 kedua, jumlah jamaah berkurang dengan pasti. Harapannya, pada babak akhir atau 10 akhir, jamaah tarawih tidak berkurang menjadi beberapa saja seperti pada permainan sepakbola, namun tetap jumlahnya sebagaimana pada 10 pertama, minimal bertahan sebagaimana pada 10 kedua.

Pembagian Zakat [Kamis, 08 Juni 2017]

Siang ini (08 Juni 2017), setelah pelaksanaan Shalat Dhuhur Berjamaah, seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren berkumpul di Mushalla dalam rangka kegiatan Pembagian Zakat dari Hakim dan Pegawai Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah untuk menyucikan harta benda, dalam hal ini gaji/penghasilan, melalui pembagian zakat kepada yang berhak menerimanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para penerima zakat yang berasal dari Kecamatan Blangkejeren, Kecamatan Putri Betung, Kecamatan Dabun Gelang dan Kecamatan Blang Pegayon. Para penerima zakat ini merupakan rekomendasi dari beberapa orang pegawai Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren yang mengetahui betul kondisi kehidupan mereka dan layak untuk diberikan zakat dalam kategori Fakir Miskin. Selain itu, para penerima zakat juga termasuk tenaga honorer yang bekerja pada Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren.

Kegiatan pembagian zakat profesi ini dibuka oleh H. Khalidin sebagai koodinator kegiatan yang menyampaikan alasan kegiatan tersebut dilaksanakan. Selanjutnya, Drs Ahmad Yani memberikan sambutan mewakili Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren menerangkan bahwa menunaikan zakat profesi ini wajib dilakukan sejalan dengan fatwa MUI meskipun dalam nash tidak disebutkan secara khusus.

Selepas sambutan dari Wakil Ketua, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian zakat profesi kepada mereka yang berhak menerimanya. Proses pemberian zakat melalui mekanisme pemberian langsung dan mekanisme perwakilan, mekanisme perwakilan dilaksanakan bagi penerima zakat yang tidak dapat menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama antara seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren dengan para penerima zakat.

[fadhilfathan]

Komentar Facebook