Kinerja Semester I 2017 ; Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Masuk 5 Terbaik


Kinerja Semester I 2017 ; Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren Masuk 5 Terbaik

Blangkejeren l 20.07.17

Sekretaris Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, Lukman AR SH, membuka rapat umum pada pukul 09.00 WIB hari ini (Kamis) yang diselenggarakan di Ruang Sidang Utama. Rapat umum kali ini membahas mengenai Evaluasi atas kinerja Semester I Tahun 2017, baik kinerja bidang keperkaraan maupun bidang pendukung (sekretariat). Rapat ini diikuti oleh seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, kecuali seorang petugas Meja Informasi dan seorang JuruSita Pengganti yang sedang mengantarkan relaas panggilan.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren diberikan kesempatan pertama oleh Sekretaris untuk mengawali penyampaian dalam rapat tersebut. Drs. Azmir, SH, MH menyampaikan beberapa hal  berkaitan dengan pencapaian kinerja yang berhubungan dengan pelaksanaan Evaluasi Semester I yang diselenggarakan di Mahkamah Syar’iyah Aceh beberapa waktu lalu. Adapun yang disampaikan oleh Ketua diantaranya :

  • Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren mendapat pujian dari Hakim Tinggi sebagai satuan kerja yang berada di daerah pelosok namun tidak pernah mengeluh, bahkan selalu melaksanakan tupoksi sesuai dengan prosedur yang ada.
  • Dibutuhkan kerja keras dari unsur kepaniteraan agar persentase validasi data di SIPP mencapai angka 80%
  • Kerjasama yang baik antara bagian kepaniteraan dan kesekretariatan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Gayo Lues.
  • Dipersiapkan segala sesuatu untuk acara Wisuda Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh pada awal tahun 2018
  • Perencanaan yang matang dapat disusun dengan baik agar kinerja dan anggaran dapat terlaksana dengan baik pula.

Kesempatan penyampaian kedua diberikan kepada Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, Drs. Ahmad Yani, yang pada intinya menambahkan beberapa hal detil seputar penyampaian dari Ketua, antara lain :

  • Temuan pada bidang kepaniteraan untuk Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren pada umumnya bernilai positif seperti laporan keperkaraan yang disampaikan dibawah tanggal 10 setiap bulannya dan berkas perkara banding yang telah lengkap
  • Akan tetapi, beberapa catatan kekurangan pada satuan kerja yang lain ada baiknya untuk tetap dipedomani bersama seperti detil dalam surat kuasa insidentil, kelengkapan berkas e-doc untuk upaya hokum, masa berlaku kartu pengacara, pengisian formulir tabayyun pada aplikasi SIPP dan putusan perkara Jinayat yang dijatuhkan sebelum masa penahanan selesai.
  • Temuan pada bidang kesekretariatan juga dominan bagus, hanya saja untuk realisasi anggaran sidang keliling agar dapat dipercepat pelaksanaannya
  • Berdasarkan catatan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren untuk Semester I Tahun 2017 termasuk dalam 5 (lima) satuan kerja terbaik untuk wilayah Aceh
  • Akan tetapi, prestasi tersebut belum diimbangi dengan penganggaran yang baik pula, terbukti bahwa untuk DIPA APBN-P 2017 dan DIPA 2018, anggaran untuk Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren adalah yang terkecil.

Penyampaian dari Ketua dan Wakil tersebut dibenarkan oleh Panitera dan Sekretaris Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, hal ini dikarenakan kehadiran mereka pada forum rapat Evaluasi yang sama. Kegiatan rapat tersebut ditutup oleh Sekretaris pada pukul 10.12 WIB dengan harapan bahwa prestasi yang telah diperoleh dapat dipertahankan untuk semester berikutnya.

[fadhilfathan]

Komentar Facebook