Menjelang Ramadhan : Sepekan Terakhir MS Blangkejeren


Menjelang Ramadhan : Sepekan Terakhir MS Blangkejeren

 

Blangkejeren l 26.05.17

Hari ini (Jumat), merupakan hari kerja terakhir bagi pegawai negeri sipil sebelum memasuki Ramadhan 1438 H. Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, dalam hal ini seluruh aparatur yang bertugas, dalam sepekan terakhir menggelar beberapa kegiatan agar nantinya bisa fokus beribadah selama Ramadhan. Kegiatan yang digelar berupa kegiatan Bedah Berkas dan Turnamen Tenis Mahkamah Syar’iyah se-Aceh Wilayah III, Kegiatan Sidang Pemeriksaan Setempat, Kegiatan Makan Siang Bersama dan Kegiatan Meugang Puasa.

Bedah Berkas Mahkamah Syar’iyah se-Aceh Wilayah III [ Kamis, 18 Mei 2017]

Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Gayo Lues oleh Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, khususnya untuk Mahkamah Syar’iyah se-Aceh Wilayah III. Adapun yang termasuk ke dalam Wilayah III adalah Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren, Mahkamah Syar’iyah Kutacane, Mahkamah Syar’iyah Idi, Mahkamah Syar’iyah Langsa, dan Mahkamah Syar’iyah Kuala Simpang. Pemilihan lokasi kegiatan untuk kali ini berdasarkan rekomendasi Asisten Koordinator (Askor) Wilayah III dan disetujui oleh para Ketua Mahkamah Syar’iyah se-Aceh Wilayah III.

Kegiatan Bedah Berkas ini bertujuan untuk mempelajari sampel berkas yang berasal dari Mahkamah Syar’iyah se-Aceh Wilayah III guna peningkatan kualitas mutu dan penyeragaman Hukum Formil dan Materiil yang sesuai dengan pedoman pola bindalmin. Kegiatan ini akan dipandu oleh Askor Wilayah dari Mahkamah Syar’iyah Aceh selaku kawal depan dalam tugas pokok Mahkamah Syar’iyah secara umum.  Askor untuk Wilayah III dipimpin oleh Dr. Abd. Manan Hasyim, SH., MH.

Pembukaan Kegiatan pada hari Kamis pagi ini dihadiri oleh Bupati Gayo Lues, H. Ibnu Hasyim, S.Sos. Bupati merasa bangga dan berterimakasih atas ditunjuknya Gayo Lues sebagai lokasi kegiatan dengan peserta dari 4 Kabupaten lainnya, sekaligus mengucapkan selamat datang di Negeri 1000 bukit.  Sedangkan Ketua Askor Wilayah III ketika membuka kegiatan secara resmi juga mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren yang memfasilitasi kegiatan ini.

Kegiatan selanjutnya berupa Diskusi Kelompok dengan pembagian anggota dan sampel berkas yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Askor. Diskusi ini berlangsung hingga siang hari dan difinalkan melalui Pleno atas Diskusi tersebut. Pleno langsung diarahkan oleh tim Askor dan ditutup dengan beberapa rekomendasi dari peserta kepada Mahkamah Syar’iyah Aceh. Dalam kesempatan ini juga direkomendasikan untuk tahun berikutnya kegiatan akan diadakan di Kabupaten Aceh Tamiang dengan Mahkamah Syar’iyah Kuala Simpang sebagai panitia pelaksana.

Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren menyambung kegiatan Bedah Berkas dengan Jamuan Makan Malam kepada seluruh peserta. Jamuan makan malam menghadirkan Kuah Beulangong Daging Kambing sebagai menu utama, sedangkan Ikan Bakar disediakan untuk peserta yang tidak boleh menyantap kuah beulangong. Peserta dari Mahkamah Syar’iyah Langsa merupakan satu-satunya rombongan peserta yang tidak dapat menghadiri jamuan tersebut disebabkan adanya kegiatan yang mendesak.

Turnamen Tenis Mahkamah Syar’iyah se-Aceh Wilayah III [Jumat, 19 Mei 2017]

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Bedah Berkas, namun dikarenakan kondisi dan beberapa alasan lainnya, Turnamen Tenis hanya diikuti oleh Tim tuan rumah dan Tim Mahkamah Syar’iyah Idi. Kegiatan dilangsungkan di Lapangan Tenis Musara Kodim 0113 / Gayo Lues pada jumat pagi.

Turnamen mengambil 3 (tiga) partai pertandingan dan 1 (satu) partai eksebisi. Partai  pertandingin berupa partai single, double pertama dan double kedua. Pada partai Single, Lukman Arlem yang mewakili tuan rumah dapat mengalahkan T. Swandi Selian dari Mahkamah Syar’iyah Idi. Kekalahan ini dapat dibayarkan pada partai double pertama sehingga kedudukan menjadi imbang. Pasangan double kedua tuan rumah, Lukman-Agus, dapat mengembalikan kedudukan dengan mengalahkan pasangan Hendra-Irwan.

Turnamen ini sempat dihadiri oleh Tim Askor Wilayah III sebelum berangkat menuju Banda Aceh, mereka mengingatkan bahwa nilai sportifitas harus dijaga dengan baik. Turnamen ini dilanjutkan dengan partai eksebisi antara pasangan Azmir-Yani melawan pasangan Said-Swandi dan diakhiri dengan penyerahan piala sekaligus jamuan makan siang bersama.

Sidang Pemeriksaan Setempat [Senin, 22 Mei 2017]

Senin pagi, setelah pelaksanaan Apel sebagaimana biasanya, Majelis Hakim Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren yang menangani perkara Gugatan Harta Bersama Perkara Nomor 11/Pdt.G/2017/MS.Bkj melakukan Sidang Pemeriksaan Setempat. Sidang Pemeriksaan setempat adalah pemeriksaan perkara oleh Hakim karena jabatannya, dilakukan di luar kantor Mahkamah agar Majelis Hakim dapat mengetahui dengan jelas dan pasti letak dan batas-batas objek perkara sehingga nantinya Putusan yang diambil tidak illusoir (sia-sia). Adapun lokasi pemeriksaan setempat berada di Kampung Rerebe Kecamatan Tripe Jaya.

Sidang ini di buka di Kantor Pengulu Kampung Rerebe sekitar pukul 10.00 wib yang dihadiri oleh kedua belah pihak, disaksikan oleh aparat Desa (Pengulu, Mukim dan Kadus) serta 2 (dua) orang anggota kepolisian dari Pospol Kecamatan Tripe Jaya. Selanjutnya persidangan dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap objek perkara yang terdekat, yaitu tanah pertapakan, bangunan rumah dan 1 (satu) unit sepeda motor. Pemeriksaan yang disaksikan oleh masyarakat sekitar lokasi ini berjalan dengan lancar.

Sidang dilanjutkan dengan memeriksa objek perkara berupa tanah kebun di daerah perkebunan Kala Rikit. Pemeriksaan kali ini cukup menguras tenaga disebabkan lokasi objek perkara tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 (empat), bahkan kendaraan roda 2  (dua) harus didorong karena kondisi jalan yang berlumpur. Kondisi ini membutuhkan kehati-hatian dari semua pihak yang terlibat dalam pemeriksaan.

Sidang pemeriksaan setempat berakhir sekitar pukul 15.30 wib, selanjutnya sidang di tutup oleh Ketua Majelis dengan perintah kepada para pihak untuk kembali hadir ke persidangan di ruang sidang Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2017 dengan agenda kesimpulan akhir dari para pihak.

 

Makan Siang Bersama ; Menyambut Ramadhan dan Pembubaran Panitia Bedah Berkas [Rabu, 24 Mei 2017]

Kegiatan ini sebagai penutup dari rangkaian kegiatan Bedah Berkas sekaligus sebagai salah satu bentuk terimakasih dari Pimpinan kepada seluruh panitia dan aparatur Mahkamah Syar’iyah Blangkejeren untuk pelaksanaan kegiatan Bedah Berkas dan kinerja secara keseluruhan. Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan ucapan selamat menyambut Ramadhan 1438 H dan semoga ibadahnya maksimal.

Makan Siang Bersama dilaksanakan di Lesehan Mbak Pia dengan menu yang cocok untuk semua lidah. Kegiatan ini bersifat informal sehingga terlihat lebih santai dan lebih fokus pada menu hidangan. Dari keseluruhan kepanitiaan, hanya sebagaian kecil yang berhalangan hadir disebabkan keperluan mendesak.

Meugang Puasa [Kamis, 25 Mei 2017]

Pelaksanaan kegiatan ini sebagai pelaksanaan kegiatan terakhir pra ramadhan 1438 H. Kegiatan ini dilaksanakan dengan adanya Bantuan Sapi Meugang dari Pemerintah Kabupaten Gayo Lues. Bantuan ini diberikan setiap tahunnya kepada seluruh Instansi Pemerintahan dan Ormas di Lingkungan Kabupaten Gayo Lues.

Pemotongan sapi dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB dengan Haji Khalidin sebagai penyembelih. Setelahnya, seluruh pegawai dan tenaga kontrak ikut membantu untuk memotong daging sapi dalam ukuran yang lebih kecil. Jumlah porsi pembagian untuk tahun ini berkurang dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini dipengaruhi oleh faktor mutasi keluar pegawai yang tidak diikuti oleh mutasi masuk. Selain itu, pada awal tahun ini ada pegawai yang telah memasuki usia pensiun.

[fadhilfathan]

Komentar Facebook